Ingin Aki Mobil Anda Tahan Lama? Simak Tips Berikut

  • Whatsapp

Peranan aki pada mobil terlalu genting. Tanpa dia, mobil akan tidak barangkali dapat menyala. Tanpa ada aki, kemampuan perabotan elektronik dalam mobil akan tidak barangkali dapat berjalan sama seperti hendaknya. Umpamanya saja lampu depan, lampu belakang, lampu sein, klakson sampai peralatan multimedia dalam mobil. Seluruhnya tidak bisa kerja secara baik tanpa ada aki. Mengingat utamanya aki mobil, begitu penting buat banyak pemilik kendaraan buat pahami bagaimana caranya menjaga aki.

Read More

Anda tak perlu bingung dengan tata metode menjaga aki mobil. Menjaga aki mobil sesungguhnya tidak susah. Buat memberikan deskripsi berkaitan begitu gampangnya menjaga aki mobil, berikut sudah kami rangkai teknik menjaga serta menukar aki mobil yang benar.

Teknik Menjaga Aki Mobil

Kunci dari perawatan aki mobil ialah mengontrolnya supaya masih ada dalam keadaan terbaik. Ini mencakup berbagai hal dimulai dari kebersihan sampai instalasi dari aki tersebut. Buat lebih lengkapnya, Anda dapat mengaplikasikan teknik di bawah ini.

1. Menjaga Jumlahnya Elektrolit Aki

Teknik yang satu ini sesungguhnya lebih detail buat perawatan aki basah. Lantaran kemampuan aki basah benar-benar tergantung pada jumlahnya elektrolit yang berada di dalamnya, penting buat pastikan aki selamanya punyai jumlahnya elektrolit yang sesuai dengan. Check elektrolit aki dengan cara periodik atau minimal 1 bulan sekali. Yakinkan jumlahnya cairan elektrolit tidak ada dibawah garis normal. Anda dapat mengeceknya lewat garis lower level yang terdapat di body aki. Bila cairan elektrolit ada dibawah garis itu, ini tanda-tanda aki harus ditambah air aki.

Minimnya cairan elektrolit bakal beresiko pada keperluan listrik pada mobil serta begitu berasa waktu Anda mau menyalakan mobil. Bila mobil tidak dapat distarter, dapat diyakinkan jumlahnya elektrolit dalam aki telah ada dibawah standard.

2. Menjaga Kebersihan Terminal Aki

Perform aki mobil gak cuma sama juga dengan aki tersebut. Bagian lain yang terjalin dengannya punyai peranan yang genting dalam pastikan aki kerja secara baik. Diantaranya ialah keadaan terminal aki. Barangkali ini benar-benar tampil biasa. Akan tetapi butuh Anda ketahui, terminal aki yang berkarat dapat mengganggu jalannya arus listrik yang mengalir dari aki. Karena itu check keadaan terminal aki dengan cara teratur serta membersihkan dari kotoran ataupun karat yang dapat mengganggu perform aki.

Keadaan terminal yang telah kendur bisa juga beresiko pada perform aki keseluruhannya. Oleh karena itu, Anda harus kencangkan terminal aki. Akan tetapi bila terminal aki tidak bisa dikencangkan, bermakna sudah waktunya buat mengubahnya dengan aki yang baru.

3. Panasi Mobil dengan cara Teratur

Waktu Anda memanaskan mobil, saat yang sama aki akan juga mengerjakan self-charging. Bila mobil tidak dinyalakan dalam saat yang cukuplah lama, kemampuan aki tetap akan menyusut. Berikut ini yang dikatakan dengan self-discharge. Itu mengapa waktu mobil tidak dimanfaatkan saat beberapa hari atau beberapa minggu mobil begitu susah buat dinyalakan. Supaya terbebas dari soal begini, Anda memang seharusnya memanaskan mobil dengan teratur. Tak perlu makin lama. Buat mobil yang telah lumayan lama, Anda cukup memanaskannya saat sekitar 15 menit saja. Akan tetapi buat mobil baru, tempo memanaskan mobil dapat lebih sedikit dari itu.

4. Melakukan Tune Up dengan cara Teratur

Biasanya pemilik mobil cuma bakal mengerjakan tune up pada waktu diperlukan saja. Meski sebenarnya tune up benar-benar berfaedah buat mengontrol keadaan mobil supaya masih kerja secara baik. Tune up baik buat perawatan aki mobil. Itu lantaran saat proses tune up aki akan juga dicheck. Kontrol yang dilaksanakan termasuk cukup komplet dimulai dari kontrol jumlahnya elektrolit, keadaan terminal dan lain-lain.

Metode Menukar Aki

Sesuai sama bagian mobil biasanya, aki mobil punyai saat pakainya sendiri. Waktu saat gunakan itu selesai, bermakna telah waktunya buat Anda buat mengerjakan perubahan aki. Menukar aki sesungguhnya tidak susah. Meskipun begitu, ada sejumlah soal yang sebaiknya berubah menjadi catatan waktu mengerjakan perubahan aki. Anda tidak dapat menukar aki mobil demikian saja. Anda harus tahu bagaimana beberapa langkah yang pas buat menukar aki. Supaya tidak salah langkah, berikut teknik menukar aki yang benar.

1. Amankan Ruangan Kerja serta Terlepas Semua Bagian Kelistrikan

Waktu mau menukar aki mobil, yakinkan buat memarkirkan mobil dalam tempat yang aman serta datar. Yakinkan buat memarkir kendaraan jauh dari sumber api atau listrik serta pasang rem tangan. Sesudah itu, terlepas semua bagian kelistrikan terhitung pematik rokok serta bagian kelistrikan yang lain. Sesudah semua bagian itu usai ditangkap, Anda mulai dapat buka kap mesin mobil.

2. Bebaskan Aki Mobil Lama

Sebelum membebaskan aki mobil, seharusnya Anda ketahui dimana area aki mobil itu ada. Biasanya aki mobil terdapat dibawah kap mesin serta tampil cukup menonjol dengan mempunyai bentuk yang kotak dengan dua kabel penghubung. Akan tetapi buat beberapa mobil bikinan Eropa, aki mobil mungkin terdapat dibawah bagasi. Bahkan juga ada pula yang ada di dekat as roda. Sesudah mendapatkan area aki mobil, identifikasi sisi terminal aki, terutamanya kutub positif serta negatifnya. Kasih isyarat pada ke dua terminal supaya tidak tercampur. Bebaskan terminal negatif lebih dahulu dilanjut dengan terminal positif. Yakinkan buat membebaskan terminal negatif lebih dahulu. Metode menukar aki ini harus berubah menjadi catatan untuk keselamatan Anda pun.

Sesudah semua terminal sukses dilepaskan, Anda mulai dapat melepas aki dengan membebaskan baut pada dudukan aki. Butuh dicatat, berat aki mobil dapat meraih 13 kg sampai 27 kg. Sebab itu bila dirasakan begitu berat, jangan sungkan buat mengharap pertolongan orang lain.

3. Pasang Aki Baru

Sediakan aki substitusi serta membersihkan kabel terminal dan dudukan aki mobil. Anda dapat memanfaatkan sikat kawat serta baking soda buat membersihkannya. Bila karat pada terminal kabel cukup kritis, Anda dapat mengharap pertolongan pada ahlinya. Sesudah usai bersihkan kabel terminal serta dudukan aki, Anda mulai dapat menempatkan aki baru dengan menaruhnya pada tempat yang sudah ada. Mengencangkan baut pada dudukan aki supaya aki itu berdiri kukuh di tempatnya. Sesudah itu pasang terminal positif serta negatif dengan cara berurutan serta mengencangkan.

Buat menghindar korosi, perlu diingat buat menyemprotkan semprotan lithium pada terminal. Sesudah itu tutup kap mesin, pasang semua bagian listrik serta nyalakan mobil. Bila tidak ada soal, bermakna perubahan aki baru sukses dilaksanakan.

 

sumber:mobilkamu.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *