Tanaman Liar Sekitar Rumah yang Memiliki Berbagai Manfaat

  • Whatsapp

Beberapa orang pastinya beranggapan jika tanaman liar bisa menggagu tumbuhnya tanaman lain yang ada di sekitar, tapi ternyata hal tersebut tidak semuanya benar karena masih ada beberapa tanaman liar yang memiliki khasiat.

Read More

Tumbuhan liar ini biasanya tumbuh di area taman sekitar rumah atau kebun, tumbuhnya ini memang tidak dikehendaki. Maka dari itu kebanyakan orang akan mencabut tanaman ini karena dianggap sebagai pengganggu yang bisa merugikan tanaman sekitar.

Apa Anda tahu mengenai tanaman liar yang memiliki khasiat dan juga manfaat? Hal ini cukup disayangkan karena masih banyak orang yang tidak mengetahui manfaat dari tanaman liar. Di kesempatan yang satu ini mari kita bahas mengenai tanaman liar yang punya manfaat.

  • Anting-Anting

Tanaman yang pertama ada anting-anting, tanaman yang satu ini punya nama latin Acalypha australis linn. Tanaman yang satu ini bisa Anda jumpai di tanah yang lembab,selokan, hingga pinggir jalan. Bentuk dari tanaman yang satu ini seperti untaia dari mutiara, warna daru tanaman yang satu ini adalah hijau. Tanaman yang satu ini bisa dimanfaatkan jadi obat herbal, karena tanaman yang satu ini memiliki sifat antioksidan jadi bisa membantu untuk mengatasi pendarahan jika ada luka. Tanamann ini juga bisa digunakan untuk menghentikan mimisan, mengobati gatal, hingga mangatasi radang.

  • Babadotan

Tananaman yang kedua ada babadotan, tanaman yang satu ini punya nama ilmiah Ageratum conyzoides. Tanaman liar yang satu ini punya manfaat untuk menurunkan panas tubuh. Cara menggunakannya cukup mudah Anda hanya perlu menghaluskan akarnya kemudian di balurkan keseluruh bagian tubuh,

  • Bayam Duri

Tanaman liar yang ketiga ada bayam duri, tanaman yang satu ini memang sering sekali diabaikan oleh banyak orang karena beberapa orang menganggap jika tanaman ini berbahaya dan juga beracun. Tanaman liar yang satu ini juga memang cukup jarang untuk di konsumsi karena bagian daunnya cukup keras. Untuk batangnya juga di penuhi dengan duri, biasanya tumbuh di sawah dan juga ladang. Tanaman yang satu ini memiliki khasiat untuk mengobati penyakit seperti gusi berdarahm wasir, melancarkan ASI, gusi bengkak, obat luka bakar dan bisul.

  • Kitolod

Tanaman yang selanjutnya ada kitolod, tanaman liar yang satu ini berwarna hijau dan bergerigi. Tanaman liar yang satu ini sangat mudah untuk Anda temikan di tanah yang lembab dan cukup dekat dengan perairan. Tanaman ini memiliki bunga yang ukurannya kecil dan warnanya putih. Didalam tanaman liar yang satu ini memiliki kandungan polifenol, flovonoid, saponin, lobelamin, lobelin, dan isotomin. Selain semua kandungan tersebut tanaman ini juga punya sifat hemostatic, analgesik, antikanker, dan antinflamasi. Banyaknya kandungan yang ada didalam tanaman ini bisa mengobati berbagai jenis penyakit diataranya sakit gigi, obat mata, obat asma, luka, obat radang tenggorokan. Saat menggunakan tanaman yang satu ini Anda juga harus berhati-hati karea tanaman ini memiliki getah keloid yang memiliki racun dosis yang rendah.

  • Patikan Kebo

Tanaman liar yang selanjutnya adalah tanaman patikan kebo, hampir semua bagian di tanaan yang satu ini memiliki berbagai kegunaan. Tanamann liar yang satu ini bisa Anda gunakan untuk mengobati dada yang terasa sesak, bronkitis, dan juga asma. Walaupun memiliki banyak manfaat sebaiknya Anda juga harus berhati-hati saat menyentuh tanaman yang satu ini karena saat Anda memetiknya bisa mengeluarkan getah susu, getah yang satu ini cukup beracun untuk tangan manusia jadi Anda harus lebih berhati-hati.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *