Tips dan Trik Membuat Whipped Cream Tanpa Mixer yang Sempurna

  • Whatsapp

Berbagai bahan diperlukan dalam membuat cake atau bolu, diantaranya adalah tepung terigu, telur, gula, margarin dan lain-lain. Cake atau bolu identik dengan lapisan cream dan tumpukan cream baik di bagian dalam maupun bagian luar cake. Cream tersebut dinamakan dengan whipped cream. Whipped cream merupakan krim kocok yang terbuat dari campuran krim kental, gula dan bisa diberi tambahan susu. Krim yang telah diaduk baik dengan menggunakan mesin kocok elektrik, alat kocok manual ataupun garpu sehingga mendapatkan warna yang cerah dan menggumpal. Krim kocok biasanya diberikan gula untuk pemanis dan dicampur dengan vanilla.

Read More

Jika kamu biasanya memakai whipped cream yang instan atau sudah jadi, kali ini kamu bisa lho membuatnya sendiri agar mendapatkan hasil yang lebih memuaskan dan harga lebih murah. Harga whipped cream rata-rata berkisar antara Rp 50.000 – Rp 65.000 untuk 400 gr whipped cream bubuk. Penggunaan krim kocok memang lebih baik kandungan lemaknya dibandingkan dengan buttercream. Dalam 100 gr krim kocok, mengandung 257 kalori dengan lemak total sebesar 22 gram. Untuk lemak jenuhnya sebanyak 14 gr dari total lemak yang terdapat dalam krim kocok 100 gram. Whipped Cream memiliki tekstur yang lebih ringan dan lembut sedangkan butter cream sebaliknya. Namun butter cream dapat diberi perasa dan pewarna.

Jika kamu bingung gimana caranya membuat whipped cream, kamu bisa ikuti tips dan trik cara membuat whipped cream tanpa mixer yang mudah di bawah ini.

Cara Membuat Whipped Cream Tanpa Mixer

1. Gunakanlah susu bubuk dan susu kental manis sebagai pengganti whipped cream

Jika kamu tidak mendapatkan bubuk whipped cream di toko kue, kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa menggantinya dengan susu kental manis dan susu bubuk. Kedua bahan ini sudah cukup untuk bisa menggantikan whipped cream instan. Dan jika kamu lebih suka manis, kamu bisa menambahkan gula bubuk pada campuran kedua bahan tadi.

2. Gunakan es batu

Penggunaan es batu saat mengocok pembuatan whipped cream adalah kunci dari pembuatan whipped cream yang berhasil. Untuk mendapatkan tingkat hasil yang mencapai 100% dan tetap rapi, maka gunakanlah tekstur es batu yang setengah jadi, yaitu yang tidak terlalu cair dan juga tidak terlalu keras dan padat.

3. Tambahkan SP sebagai pengental

Tanpa adanya tambahan SP, pembuatan whipped cream tidak akan sempurna. Bahan tambahan kue yang berfungsi sebagai peng-emulsifier ini akan membantu kocokan susu, es batu dan gula akan menjadi lebih padat dan kencang.

4. Simpan es batu di bawah wadah adonan

Menyingkap es batu dalam wadah yang disimpan di bawah wadah adonan dimaksudkan untuk membuat suhu tetap stabil. Dengan kondisi dingin akan membuat whipped cream semakin cepat mengental dan akhirnya tekstur whipped cream sempurna seperti whipped cream yang jadi yang ada di pasaran.

5. Simpan whipped cream di kulkas

Sebelum menggunakan whipped cream, sebaiknya simpan dahulu whipped cream di dalam kulkas agar ketika dipakai tekstur whipped cream akan lebih menyatu dan kencang. Gunakan whipped cream setidaknya 1-2 jam setelah disimpan di kulkas agar mendapatkan hasil yang sempurna.

Itulah tips dan trik yang bisa kamu coba di rumah untuk mendapatkan whipped cream yang sempurna sesuai dengan selera kamu. Karenanya kamu wajib mencobanya, selamat mencoba!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *